Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat Datang di Blog Geografi Agus Maulana. Silahkan share artikel blog ini. Cantumkan URL jika dijadikan referensi. Isi blog ini tidak bisa di copy paste kecuali menggunakan smartphone. Pahami dan tulis kembali. Selamat belajar, sukses untuk kita semua. Eitts, jangan lupa tinggalkan comment baik berupa kritikan maupun saran yang membangun. :)

Kamis, 19 Desember 2013

Biosfer

Bumi merupakan salah satu planet di Milky Way Galaxy, mengorbit pada sebuah bintang yang bernama Matahari bersama dengan planet- planet lain membentuk satu kesatuan edar yang disebut sebagai Tata Surya (solar system). Bumi memiliki berbagai tingkatan lapisan yang umumnya dibedakan berdasarkan ketinggian dan konsentrasi gas yang terkandung pada masing- masing lapisan. Selain itu, terdapat pula pengelompokan lapisan penyusun Bumi yang kesemuanya akan dibahas pada postingan selanjutnya.

Manusia hidup pada permukaan bumi yang memiliki karakteristik yang berbeda- beda antara tempat pada permukaan bumi yang satu dengan tempat pada permukaan bumi yang lain. Lapisan tempat hidup manusia disebut Biosfer. Secara lengkapnya, Biosfer adalah lapisan tempat hidup (habitat) makhluk hidup yang meliputi lapisan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer, di mana ketiganya saling berinteraksi membentuk suatu tempat berlangsungnya kehidupan di bumi.

Sumber: http://2.bp.blogspot.com/_XRVblYw2yVg/TMV9Yo1o25I/AAAAAAAAADI/bdwbEQ0aZ5E/s1600/biosphere.gif


Biosfer adalah bagian luar dari planet Bumi, mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. Dalam pengertian luas menurut geofisiologi, biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmereka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi. Bumi hingga sekarang adalah satu-satunya tempat yang diketahui yang mendukung kehidupan. Biosfer dianggap telah berlangsung selama sekitar 3,5 miliar tahun dari 4,5 miliar tahun usia Bumi. (www.wikipedia.com). Biosfer terbentuk atas beberapa jenjang kehidupan, antara lain:
  • Individu, merupakan organisme tunggal yang termasuk dalam spesies tertentu
  • Populasi, kumpulan individu sejenis yang berkumpul dan hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu
  • Komunitas, suatu kumpulan dari berbagai populasi pada suatu kawasan tertentu yang saling berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain
  • Ekosistem, suatu kumpulan dari komunitas yang berbeda yang memiliki ciri khas yang berbeda dan memiliki hubungan yang saling memengaruhi
  • Biom, Beberapa ekosistem yang terdapat pada suatu wilayah geografis dengan iklim dan kondisi yang sama.
Permukaan Bumi tidak hanya dihuni oleh manusia. Manusia harus berbagi tempat dengan Flora dan Fauna agar keseimbangan alam terus terjaga. Hal ini mutlak harus diperhatikan oleh manusia, karena jika salah satu unsur tersebut terganggu, maka akan berdampak negatif pada proses kehidupan manusia.

Flora dan Fauna tersebar di seluruh permukaan Bumi dengan tingkah, sifat dan karakteristik yang berbeda- beda. faktor yang mempengaruhi persebaran Flora dan Fauna antara lain:
  • Kondisi Geologi, dimana pada zaman dahulu, bumi merupakan tempat yang hanya memiliki satu daratan yang sangat luas. Daratan tersebut terpisah menjadi dua daratan besar (pangaea dan gondwana) karena pergerakan lempeng Bumi. Kemudian terus terpisah pisah hingga saat ini dan masih berlangsung secara terus menerus. Hal ini menyebabkan flora dan fauna tersebar di seluruh daratan di muka bumi yang secara alami beradaptasi dengan kondisi alam.
  • Iklim, sangat berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna. Makhluk hidup yang ada pada daerah beriklim tropis berbeda dengan makhluk hidup pada daerah beriklim subtropis, iklim sedang dan dingin. Hal ini dipengaruhi oleh karakteristik tiap- tiap individu dan tingkat kemampuannya beradaptasi.
  • Ketinggian tempat
  • Faktor biotik. Adanya makhluk hidup yang berperan dalam menghasilkan bahan makanan bagi fauna dan flora serta kesempatan besar terjadinya hubungan antara keduanya.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah, biosfer merupakan lapisan tempat hidup manusia serta makhluk hidup lainnya yang menjadi tempat berlangsungnya proses biologi dan hubungan antar sesama makhluk hidup dengan sifat dan karakteristiknya yang berbeda- beda.
Semoga artikel ini dapat membantu dan memberi manfaat kepada pembaca sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar