Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat Datang di Blog Geografi Agus Maulana. Silahkan share artikel blog ini. Cantumkan URL jika dijadikan referensi. Isi blog ini tidak bisa di copy paste kecuali menggunakan smartphone. Pahami dan tulis kembali. Selamat belajar, sukses untuk kita semua. Eitts, jangan lupa tinggalkan comment baik berupa kritikan maupun saran yang membangun. :)

Kamis, 19 Desember 2013

Atmosfer

Pengertian Atmosfer

Secara umum, atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti planet, termasuk bumi maupun planet- planet lain. Atmosfer bumi sendiri berada pada ketinggian 0 km dari permukaan tanah sampai dengan 560 km dari permukaan bumi. Atmosfer bumi sendiri dibedakan berdasarkan berbagai macam fenomena yang terjadi pada masing-masing lapisan atmosfer.

Lapisan atmosfer sendiri tersusun atas gas- gas, antara lain Nitrogen , Oksigen, Karbon dioksida, argon, uap air dan gas lainnya. Persentasenya adalah Nitrogen (78,17 %), Oksigen (20,97 %), Argon (0,9 %) dan sedikit karbon dioksida serta selebihnya merupakan unsur- unsur lain. Batas- batas pasti antara atmosfer dengan luar angkasa belum dapat diketahui. Lapisan- lapisan atmosfer juga tidak memiliki batas yang mendadak, namun antara lapisan yang satu dengan yang lain batasnya menipis dan semakin menipis.

Lapisan Atmosfer

Atmosfer Bumi terdiri atas berbagi lapisan. Lapisan- lapisan ini memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda antara yang satu dengan yang lain. Fenomena- fenomena yang terjadi di dalamnya juga berbeda dengan tigkat konsentrasi gas yang berbeda pula. Atmosfer terdiri atas lapisan Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, Ionosfer dan Eksosfer. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang tiap- tiap lapisan, klik disini.
Sumber: www.wikipedia.com/atmosfer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar