Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat Datang di Blog Geografi Agus Maulana. Silahkan share artikel blog ini. Cantumkan URL jika dijadikan referensi. Isi blog ini tidak bisa di copy paste kecuali menggunakan smartphone. Pahami dan tulis kembali. Selamat belajar, sukses untuk kita semua. Eitts, jangan lupa tinggalkan comment baik berupa kritikan maupun saran yang membangun. :)

Rabu, 05 Februari 2014

Persepsi dan Analisis

Assalamu'alikum wr.wb.
Alhamdulillah malam ini penulis bisa kembali membuat post setelah bersusah payah melewati masa-masa sulit dan didera BADAI KANKER sehingga kekurangan fulus buat beli kuota -_- . Tapi tenang dan jangan panik, masa-masa suram itu untuk SEMENTARA telah berakhir. :D
Sumber: http://uripsantoso.files.wordpress.com/2011/09/...
Berhubung pada semester ini penulis kembali memogramkan mata kuliah KTI dan banyak diantara teman-teman seperjuangan yang juga harus menyusun ini, maka sama-sama kita perlu belajar sebelum menentukan judul yang tepat untuk karya tulis ilmiah kita. Penggunaan kata persepsi dan analisis umumnya banyak digunakan pada judul karya ilmiah. Tapi tau gak sih apa itu persepsi? apa itu analisis? Mari sama-sama kita cari tau. Langsung saja -.- 

A. Persepsi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online (http:kbbi.web.id/persepsi. Diakses: Jumat, 06 Desember 2013. Pukul 14.44 WIB), “Persepsi adalah tanggapan (penerimaan) langsung dr sesuatu; proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui pancainderanya”. Jadi, secara sederhana dapat disimpulkan bahwasanya persepsi adalah tanggapan seseorang terhadap fenomena yang dapat ditangkap oleh pancainderanya. Untuk lebih memperjelas tentang pengertian persepsi, berikut penulis cantumkan pengertian persepsi yang dikemukakan oleh beberapa ahli.

Menurut Sarlito Wirawan Sarwono (1983:89) dalam Gambaran Persepi..., Ben Fauzi Ramadhan (2009:6), “Persepsi adalah kemampuan seseorang untuk mengorganisir suatu pengamatan. Kemampuan tersebut antara lain: kemampuan untuk membedakan, kemampuan untuk mengelompokkan, dan kemampuan untuk memfokuskan. Oleh karena itu, seseorang bisa saja memiliki persepsi yang berbeda meskipun objeknya sama. Hal itu dimungkinkan karena adanya perbedaan dalam hal sistem nilai dan ciri kepribadian individu yang bersangkutan”.

Indrajaya (1986) dalam Prasilika, Tiara. H. (2007:10) berpendapat bahwa persepsi adalah proses dimana seseorang mengorganisasikan dalam pikirannya, memanfaatkan, mengalami dan mengolah perbedaan atau segala sesuatu yang terjadi dalam lingkungannya.

Jadi menurut pendapat penulis, dapat disimpulkan bahwa persepsi merupakan Tanggapan atau penerimaan langsung dalam mengorganisasaikan suatu objek yang dapat diamati, didengar dan dirasakan. Contoh ni ya, misalnya pada tahun 2013 kita lihat hutan di kawasan A masih bagus dan terawat, rapi dan tidak adanya aktifitas illegal logging. Namun pada tahun 2015 hutan tersebut jadi gundul pacul, banyak kegiatan illegal logging dan gersang. Kasus semacam ini tentunya menimbulkan berbagai tanggapan, apakah pemerintahnya yang kurang tegas dan kurang peduli atau memang masyarakatnya yang antenanya terlalu pendek. Nah, tanggapan kita inilah yang merupakan persepsi kita terhadap kasus semacam itu. Namun, perlu digaris bawahi bahwasanya persepsi setiap orang itu berbeda sesuai dengan sudut pandang masing-masing.

B. Analisis

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online menyebutkan banyak pengertian kata analisis dilihat dari beberapa sudut pandang, antara lain:
Dilihat dari sudut pandang nomina (kata benda), analisis merupakan penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yg sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya).
Dilihat dari sudut pandang manajemen, analisis merupakan penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan
Dilihat dari sudut pandang kimia, analisis merupakan penyelidikan kimia dengan menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat bagiannya dan sebagainya, penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya dan pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.
Sumber: http://entornoparlamentario.files.wordpress.com/2012/09/...
Wiradi menyebutkan bahwa analisis merupakan aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditaksir maknanya.

Komaruddin menyebutkan bahwa analisis adalah kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu permasalahan yang menyeluruh menjadi beberapa bagian sehingga dapat mengenal ciri-ciri dari masing-masing komponen dan mengetahui hubungan antar komponen dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.

Dwi Pratowo Darminto dan Rifka Julianti menyebutkan bahwa analisis merupakan sebuah langkah penjabaran untuk sebuah permasalahan dari setiap bagian dan penelaahan bagian itu untuk mendapatkan pemahaman yang tepat serta arti yang keseluruhan dari masalah tersebut.

Anne Gregory menyatakan bahwa analisis merupakan bagian awal dari tahap perencanaan.

Jadi kesimpulan yang dapat penulis ambil, analisis merupakan proses penguraian pokok masalah (permasalahan) menjadi beberapa bagian yang akan ditelaah lebih dalam untuk kemudian diteliti keterkaitan antar bagian-bagian sehingga menjadi suatu kesatuan.

Apa saja fungsi analisis dalam sebuah penelitian? Cek disini.


Naah, udah pada tau kan semuanya? ada tanggapan, tambahan, kritik, saran, koreksi atau lain- lain, silahkan cantumkan pada kolom komentar yang tersedia. Dan ingat, silent reader ane doain dikencingin kecoa. Hargailah kerja keras penulis. Terima kasih dan sukses teruuuuus. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar