Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat Datang di Blog Geografi Agus Maulana. Silahkan share artikel blog ini. Cantumkan URL jika dijadikan referensi. Isi blog ini tidak bisa di copy paste kecuali menggunakan smartphone. Pahami dan tulis kembali. Selamat belajar, sukses untuk kita semua. Eitts, jangan lupa tinggalkan comment baik berupa kritikan maupun saran yang membangun. :)

Jumat, 14 Februari 2014

Mengapa Banyak Gunung Api di Indonesia?

Assalamu'alaikum wr.wb
Turut berduka cita terhadap musibah yang melanda negeri kita tercinta ini. Setelah beberapa waktu lalu kita dikejutkan oleh erupsi gunung Sinabung, baru-baru ini Indonesia kembali diguncang dan dikejutkan dengan meletusnya gunung Kelud. Semoga para pengungsi dan korban dapat sabar menghadapi cobaan yang sedang menimpa.

Erupsi gunung Sinabung
Berdasarkan serangkaian aktivitas gunung api yang terus meningkat, maka kali ini kita akan membahas penyebab banyaknya gunung api di Indonesia dan dampak apa yang ditimbulkan.

Letak geologis adalah letak suatu tempat berdasarkan aktivitas dan keadaan geologisnya. Secara geologis, kepulauan Indonesia terbagi atas dangkalan sunda, dangkalan sahul dan daerah antara dangkalan sunda dan dangkalan sahul. Indonesia merupakan negara yang terletak pada area pertemuan dua jalur pegunungan muda dunia, yaitu sirkum pasifik dan mediterania. Pegunungan di Indonesia bagian Barat merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Mediterania dan Indonesia bagian tengah merupakan daerah peralihan yang disebut daerah Wallace. Sedangkan pegunungan Indonesia di bagian Timur merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik. Selain itu, Indonesia juga merupakan daerah pertumbukan lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia. Tingginya aktivitas geologis inilah yang menyebabkan banyaknya gunung api di Indonesia membentang mulai dari ujung pulau Sumatera, melewati pulau Jawa terus naik hingga pulau Sulawesi dan kepulauan Maluku.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sirkum pasifik dan sirkum mediterania, klik disini.

Gambar segitiga merah merupakan gunung api yang tersebar di seluruh Indonesia
Sumber: http://3.bp.blogspot.com/-3L6So3vhgZ4/..../peta.png
Akibat dari letak geologis Indonesia tersebut adalah:

  • Kepulauan Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif.
  • Laut di bagian Indonesia barat dan lndonesia timur dangkal, di Indonesia tengah lautnya dalam.
  • Indonesia menyimpan banyak barang tambang mineral.
  • Wilayah Indonesta termasuk daerah yang labil dan sering mengalami gempa bumi tektonik dan vulkanik.
  • Pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan muda Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar