Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat Datang di Blog Geografi Agus Maulana. Silahkan share artikel blog ini. Cantumkan URL jika dijadikan referensi. Isi blog ini tidak bisa di copy paste kecuali menggunakan smartphone. Pahami dan tulis kembali. Selamat belajar, sukses untuk kita semua. Eitts, jangan lupa tinggalkan comment baik berupa kritikan maupun saran yang membangun. :)

Kamis, 27 Februari 2014

Misi Mars One Dan Penampakan Bumi Dari Permukaan Mars

Assalamu'alaikum wr.wb. Banyak gambar dan foto planet Bumi yang sudah diabadikan oleh instrumen- instrumen luar angkasa seperti satelit, pesawat ulang alik dan oleh stasiun ISS (International Space Station). Namun, pernahkah agan- agan membayangkan bagaimana jika Bumi dilihat dari planet Mars? Bagaimanakah kenampakannya? tentunya merupakan hal menarik untuk diketahui.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa NASA telah mengirimkan robot ROVER Oportunity dan Curiosity untuk meneliti berbagai hal yang berkaitan dengan planet Mars langsung dari permukaan Mars. Selain itu, direncanakan NASA dan para investor serta partner kerja mereka sedang menyiapkan program pengiriman manusia dan akan tinggal di planet Mars secara permanen. Misi ini disebut sebagai Mars-one yang belakangan ini telah diharamkan oleh ulama GAIAE yang mengeluarkan fatwa bahwa haram hukumnya manusia tinggal di Mars. Mengapa? karena program yang bertujuan untuk mengeksplorasi Mars ini hanya mendukung untuk perjalanan sekali jalan tanpa adanya rancangan perjalanan untuk kembali ke Bumi. Sebagaimana yang dijelaskan oleh artikel Mars pada wikipedia, keadaan alam pada permukaan Mars tidak cocok untuk mendukung kehidupan manusia dan manusia yang terlibat dalam misi ini akan rentan terhadap kematian.
Rover NASA dengan misi eksplorasi permukaan Mars
Para ulama GAIAE (General Authority of Islamic Affairs and Endowment) di Uni Emirat Arab berpendapat bahwa tinggal di Mars hampir sama seperti misi bunuh diri dan haram hukumnya dalam Islam untuk bunuh diri atau melakukan hal yang dapat menimbulkan mudharat bagi dirinya sendiri. Namun pihak NASA memberi respon atas hal ini dengan mengutip beberapa ayat Al-Quran tentang adanya anjuran atau perintah untuk mengeksplorasi dan mempelajari langit dan Bumi. Dan berdasarkan kabar hingga hari ini sudah 200.000 orang yang melamar untuk menjadi sukarelawan dalam misi NASA mendaratkan manusia di permukaan Mars pada tahun 2025.

"Fatwa yang berbunyi larangan bagi Muslim berpartisipasi pada misi Mars ini disandingkan dengan Al Quran, Surah Ar-Rum ayat 22. Bahaya tinggal di Mars ini coba dipatahkan Mars One dengan pengungkapan dalil bahwa tanda-tanda kebesaran Sang Maha Pencipta ialah melalui eksplorasi alam semesta, termasuk tinggal di Mars. Dalam website-nya, Mars-one menjelaskan bahwa Muslim memiliki tradisi eksplorasi, seperti Ibn Battuta asal Maroko pada 1325-1355 yang menempuh perjalanan 73 ribu mil. Jarak perjalanan ini setara dengan mengunjungi 44 negara modern". (okezone.com).

Ingin tahu lebih lanjut tentang misi mars-one? klik disini.
Ilustrasi Misi NASA Mars-one Colony 2025
Misi untuk menempatkan koloni manusia untuk tinggal secara permanen di planet Mars
Oke, kita bicara lebih lanjut. Mars merupakan planet ke 4 yang paling dekat dengan matahari dalam sistem tata surya. Disebutkan bahwa pada zaman dahulu, planet ini memiliki kandungan air dan bahkan ilmuan percaya bahwa juga terdapat kehidupan pada planet Mars jauh sebelum adanya kehidupan di planet Bumi. Planet ini disebut juga sebagai planet merah karena kandungan besi oksida yang tinggi pada permukaannya.

Planet Mars
Sumber: Nasa.gov

Sejarah Keberadaan Air di Mars
Angka pada gambar menunjukkan satuan juta tahun 

NASA merilis sebuah foto spektakuler yang menunjukkan penampakan Bumi dari permukaan Mars. Dalam foto yang dirilis, Bumi tampak sebagai bintang fajar yang paling terang. Bahkan jika diperbesar, tampak pula bulan yang sedang mengorbit Bumi. Berikut ini penampakannya:

Bumi dari Permukaan Mars
Bumi dari permukaan Mars setelah gambar diperbesar

Terima kasih dan semoga informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan agan-agan dan aganwati sekalian. Budayakan komen yang bermutu dan share jika dianggap bermanfaat. Akhir kata, "Raihlah cahaya dan berbagilah". Salam, CMIIIIIWW... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar