Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat Datang di Blog Geografi Agus Maulana. Silahkan share artikel blog ini. Cantumkan URL jika dijadikan referensi. Isi blog ini tidak bisa di copy paste kecuali menggunakan smartphone. Pahami dan tulis kembali. Selamat belajar, sukses untuk kita semua. Eitts, jangan lupa tinggalkan comment baik berupa kritikan maupun saran yang membangun. :)

Sabtu, 21 September 2013

Efek Mengganti URL atau Alamat Blog

Assalamu'alaikum wr.wb.
Kali ini admin akan memberikan sedikit informasi tentang efek/ pengaruh/ dampak yang ditimbulkan ketika mengganti url (alamat) blog.

Sekitar dua minggu yang lalu, blog ini dapat di akses di agoes30.blogspot.com. Namun karena url tersebut kurang mencerminkan konten blog, maka admin berpikir untuk mengganti url. Setelah memutuskan, akhirnya tanpa basa basi url yang semula agoes30.blogspot.com admin ganti menjadi geografi-agoes.blogspot.com. Setelah melakukan hal tersebut, admin dapati efek mengganti url atau alamat blog :

- Statistik blog menjadi bersih karena mengganti url ternyata sama halnya dengan membuat blog baru. Hal ini admin sadari ketika nasi telah menjadi bubur. -.-

- Konten blog tidak terdetect di mesin pencari google atau apapun. Hal ini yg membuat admin tambah frustasi. Biasanya, viewers blog ini per hari mencapai 120, bahkan terkadang menembus angka 230. Luar biasa untuk blog pemula yg kontennya baru berjumlah 15.

- Mesin pencari google hanya mendeteksi url lama. Ketika memasukkan kata kunci pada tab pencarian google, tak jarang blog ane di urutan pertama. Nah setelah ganti, tetap pada urutan pertama tetapi link-nya sudah tidak bisa dibuka. :'(

- Karena blog tidak terdeteksi, maka alexa rank semakin membengkak dan blog ini semakin sepi pengunjung. Bahkan bisa-bisanya dalam satu hari viewersnya kagak ada sama sekali alias 0 (nol). Tau nggak, galau ane kayak gini. >.<

Informasi yang admin dapat dari saudara Saed Muddasir, butuh waktu sekitar 3 bulanan untuk google bot mendeteksi blog- blog baru.

Begitulah kira-kira pengalaman pribadi admin, cukup jadi pelajaran. So, buat yang mau ganti url/ alamat blog, hati-hati. Sebaiknya berfikir matang terlebih dahulu karena blog anda akan dimulai kembali dari 0.

Oh iya, tinggalkan feedback ya kawan, budayakan memberi komen bermutu dan kritik yang membangun. :)

3 komentar: