Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat Datang di Blog Geografi Agus Maulana. Silahkan share artikel blog ini. Cantumkan URL jika dijadikan referensi. Isi blog ini tidak bisa di copy paste kecuali menggunakan smartphone. Pahami dan tulis kembali. Selamat belajar, sukses untuk kita semua. Eitts, jangan lupa tinggalkan comment baik berupa kritikan maupun saran yang membangun. :)

Minggu, 12 Januari 2014

AMERIKA SELATAN

A. LOKASI

  • Letak astronomis

Secara astronomis, Benua Amerika terletak pada koordinat 13º LU- 53ºLS dan 35ºBB- 82ºBB.

  • Letak geografis Benua Amerika Selatan

Terletak antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Amerika Selatan berada di bagian selatan dari daratan Amerika. Amerika Selatan, biasa disebut dengan nama Amerika Latin adalah sebuah benua yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika utara melalui Tanah Genting Panama. Benua ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan. Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat.


B. BATAS-BATAS WILAYAH

Utara : Realm Amerika Tengah
Timur : Samudra Atlantik
Selatan : Samudra Pasifik
Barat : Samudra Pasifik
Selain batas- batas secara fisik, tiap negara di Amerika Selatan juga dibatasi oleh kebudayaan yang berbeda-beda di setiap negara.

C. LUAS DAERAH

Amerika Selatan mempunyai daratan seluas 17.840.000 km2 (6.890.000mil), atau 12 persen dari permukaan bumi. Dengan besarnya luasan daratan menjadikan negara Amerika Selatan berada pada peringkat keempat benua terluas setelah Asia, Afrika, dan Amerika Utara sedangkan populasinya terdapat pada peringkat kelima setelah Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara.

D. BENTUK BENUA AMERIKA BAGIAN SELATAN

Apabila kita lihat berdasarkan bentuk dari benua Amerika Selatan sendiri, mempunyai bentuk yang memanjang dan terpecah. Hal ini terbukti dengan kenampakan bentuknya yang menyerupai “kerucut tempat es krim”, ujung utaranya seperti “sendok es krim”, sedangkan ujung selatannya berbentuk “kerucut”. Negara-negara yang membentuk kerucut ini terletak di bagian selatan yaitu Argentina, Chili, Paraguay, dan Uruguay. Oleh sebab itu negara-negara kelompok ini disebut negara kerucu selatan. Bagian negara yang terpecah yaitu Kepulauan Falkland dan Georgia Selatan. 
Flag of South America (Sumber: images.google.com/amerika-selatan)

E. KETERJANGKAUAN

Benua Amerika Selatan apabila dilihat dari keterjangkauannya termasuk pinggiran. Hal ini disebabkan karena benua ini dikelilingi oleh lautan. Keterjangkauan Amerika Selatan terbilang baik dimana akses untuk mencapai setiap negara dapat dilakukan baik melalui transportasi udara, laut maupun darat, hanya sedikit wilayah yang mungkin akssesnya kurang seperti Amazon, daerah gurun dan hutan-hutan yang lain. Transportasi di tiap negara juga dapat dikatakan lengkap mulai dari transportasi udara, laut dan darat serta infrastruktur yang memadai.

F. TOPOGRAFI

Naik tiba-tiba dari pantai barat laut dan barat benua adalah Andes. Mereka terdiri dari rantai tunggal di Venezuela, di utara, dan melalui banyak Chili dan Argentina, di selatan, tetapi bagian tengah dari sistem gunung terdiri dari dua atau tiga sumbu paralel pegunungan, yang dikenal sebagai Cordillera, atau rentang. Di barat daya Bolivia dan Peru selatan, sebuah wilayah dataran tinggi intermontane besar yang disebut Altiplano memisahkan rentang. Di Peru dan Argentina rentang dipisahkan oleh lembah-lembah yang relatif sempit tetapi mendalam. Di antara dua lusin puncak yang melebihi ketinggian 17.000 kaki (setara dengan 5,182 m) sejumlah gunung berapi aktif yang terletak di selatan Chile tengah, selatan Peru dan Bolivia, dan Ekuador.

Dataran tinggi yang luas dari Guyana, di timur laut, dan Brasil, di timur, telah bergulir ke permukaan berbukit, dengan dataran tinggi yang luas dan mesa tinggi. Dataran tinggi adalah lebih tinggi dan kurang luas di dataran tinggi Guyana. Di Dataran Tinggi Brasil, bantuan terbesar terjadi di pegunungan yang terbentang sepanjang pantai timur, di banyak tempat naik tiba-tiba dari laut. Secara umum, batuan dari dataran tinggi telah lapuk menjadi subur, tanah kemerahan. Tanah subur yang berasal dari batuan basaltik ditemukan di lembah banyak, namun. Di sebelah selatan merupakan dataran tinggi Patagonian kurang tinggi dan relatif datar (lihat Patagonia). Meskipun tanah disini umumnya subur, kendala iklim membatasi kegunaan pertanian mereka.

Bagian paling utara daerah utama benua dataran rendah adalah Cekungan Orinoco, yang meliputi Llanos-sebuah wilayah dataran aluvial dan mesas dan rendah sistem besar lembah-lembah yang berkumpul menuju Amazon antara sungai Caqueta dan Madeira. Lembah sungai Amazon sendiri adalah wilayah sedikit bergulir medan. Lebih ke selatan adalah dataran lembah dangkal dan datar dari Chaco Gran dan Pampas, yang keduanya menyatu dengan dataran banjir berawa dari Paraguay dan sungai Parana.

Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri dari barisan Pegunungan Andes yang membujur dari arah utara ke selatan dan puncak tertinggi Gunung Oconcagua, di Amerika Selatan, juga ada Gunung Tohma (5.616 m), Gunung Chimisorazo (6.267 m), Gunung Huascaran (6.768 m),dan Gunung Anconuma (6.388 m) yang berada pada pegunungan Andes serta Gunung Bandeira (3.894 m) yang berada di Brasil.

Bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin Sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat. Sedangkan Amerika Selatan hanya memiliki dua danau yaitu Danau Titicaca yang berada pada ketinggian 3700 m (12.507 kaki) dan Danau Poopo yang juga berada pada daerah Altiplano, sebelah selatan Danau Titicaca. Amerika selatan juga memiliki gurun pasir yaitu Gurun Atamaca yang berada di pesisir Pasifik Negara Chili.

G. IKLIM

Berdasarkan fisiografinya iklim Amerika Selatan antara lain:
  • Tropical basah dan kering. Iklim dengan temperature rata-rata 60o F (15,6o C) dengan curah hujan tinggi pada musim panas dan curah hujan terendah pada musim dingin.. Iklim ini mendominasi dataran tinggi Brasil.
  • Pegunungan. Daerah dengan iklim pegunungan di Amerika Selatan terdapat di pegunungan Andes.
  • Stepa dan Gurun. Berada di pesisir Pasifik meliputi pesisir Peru dan Chili, bahkan daerah terkering/gurun Amerika Selatan terdapat di Chili yaitu Gurun Atamaca yang merupakan salah satu gurun terkering di dunia, daerah dengan iklim ini juga terdapat di Argentina bagian barat, Patagonia dan Brasil sebelah tenggara.
  • Tropical rainy (hujan tropis). Terdapat pada Brasil utara atau Basin Amazon yang memiliki hutan hujan tropis yang sangat lebat, berada pada daerah sekitar khatulistiwa sehingga banyak penyakit tropis seperti malaria dll.
  • Humid-Mid Latitude. Wilayah dengan iklim ini diantaranya Amerika bagian tengah (Paraguay), Brasil bagian selatan, Uruguay dan Argentina bagian timur.

H. MINERAL

Amerika Selatan memiliki sumber daya mineral yang beragam, banyak yang belum dieksploitasi secara luas. Deposit mineral didistribusikan secara luas, tetapi daerah-daerah tertentu dari benua sangat terkenal karena kekayaan mereka. Gunung-gunung antara pemerintah pusat dan selatan Peru, Bolivia diproduksi perak dan merkuri di era kolonial, dan mineral industri seperti tembaga, timah, timbal, dan seng hari ini. Tembaga bekerja di deposito besar di utara dan tengah Chili dan di tengah dan selatan Peru. Sebuah wilayah yang sangat termineralisasi mengandung bauksit, bijih besi, dan emas terletak di antara Ciudad Bolivar dan utara Suriname, dekat batas utara Dataran Tinggi Guyana. Di timur tengah Brasil yang kaya emas dan berlian pemogokan terjadi pada era kolonial, beberapa tambang masih memproduksi. Meskipun Amerika Selatan adalah produsen utama logam langka, cadangan besar bermutu tinggi bijih besi dan bauksit cadangan yang lebih kecil lebih penting untuk menjadi kekuatan industri yang muncul dari benua itu.

Amerika Selatan yang kurang dalam cadangan batubara besar. Batubara ditemukan dalam deposit yang tersebar dan relatif kecil di Andes dan di selatan Brasil. Batubara merupakan bahan bakar penting untuk industri dan transportasi terutama di Chili, Kolombia, dan Brasil. Minyak, bagaimanapun, secara luas didistribusikan. Sebagian besar cadangan benua minyak bumi dan kebohongan gas alam di cekungan struktural kebanyakan berlokasi sepanjang tepi timur dan di Andes, dari Venezuela ke Tierra del Fuego. Bidang terbesar yang diketahui berada di wilayah Danau Maracaibo di Venezuela. Deposito lain terjadi di utara Kolombia, Ekuador dan Peru, di selatan Andes di timur dan tengah Venezuela, dan di timur pegunungan di Kolombia, Ekuador, Peru, Bolivia, Argentina, dan Chile.

I. PENDUDUK

Amerika Selatan memiliki populasi 387,489,196 jiwa pada tahun 2011 dengan kepadatan penduduk rata-rata 21.4 jiwa/km2. Dari peta HDI diatas diketahui bahwa Amerika Selatan memiliki IPM mulai dari menengah sampai tinggi antara 0.600 - 0.899 hal ini ditunjukkan dengan warna kuning sampai hijau agak tua. Peningkatan alami dan migrasi dari daerah provinsi telah menyebabkan penduduk perkotaan tumbuh hingga 4 persen per tahun. Di Argentina, Chile, dan Uruguay, tingkat pertumbuhan perkotaan telah melambat, tetapi di negara-negara tropis, kota yang tumbuh dengan kecepatan yang besar. Dalam paling urban yang lebih besar dari negara-Argentina, Chile, Uruguay, dan Venezuela-setidaknya 80 persen penduduk hidup di pusat-pusat perkotaan; sedikit pun urban-Bolivia, Ekuador, dan Paraguay-kurang dari 65 persen dari populasi adalah diklasifikasikan sebagai perkotaan.

Bahasa yang digunakan di Amerika Selatan meliputi bahasa Spanyol dan Portugis adalah bahasa yang paling diucapkan di Amerika Selatan. Spanyol adalah bahasa resmi negara, bersama dengan bahasa asli lainnya di beberapa negara. Portugis adalah bahasa resmi Brasil. Belanda merupakan bahasa resmi di Suriname, Bahasa Inggris adalah bahasa resmi dari Guyana, meskipun setidaknya ada dua belas bahasa lain digunakan di negeri seperti Hindi dan bahasa Arab. Bahasa Inggris juga dituturkan di Kepulauan Falkland. Perancis adalah bahasa resmi dari Guyana Perancis dan bahasa kedua di Amapa (Brasil). Bahasa lainnya ditemukan di Amerika Selatan termasuk, Hindi dan Jawa di Suriname; Italia di Argentina, Brasil, Kolombia, Uruguay, Venezuela, Peru dan Chili, dan Jerman di kantong tertentu dari Argentina, Brasil, Kolombia, Chili, Venezuela, Peru dan Paraguay. Jerman juga diucapkan di banyak daerah di negara bagian selatan Brazil

Amerika Selatan tidak biasa di antara benua untuk homogenitas keagamaannya. Sekitar 90 persen dari populasi adalah Katolik Roma. Sebagian besar Protestan di Brazil dan Chile; sisanya tersebar luas, terutama di pusat perkotaan. Orang-orang Yahudi Amerika Selatan juga cenderung penduduk perkotaan dan didistribusikan secara luas, sekitar tiga perempat adalah di Argentina dan Brazil, dan lebih dari 10 persen di Uruguay dan Chile. Hindu, Muslim, dan Buddha terkonsentrasi di Guyana dan Suriname. Katolik Roma iman dibawa ke benua itu oleh Spanyol dan Portugis selama penaklukan Spanyol. Protestan adalah refleksi dari imigrasi kemudian Eropa dan aktivitas misionaris dimulai pada abad ke-19. Amerika Utara evangelis kelompok tersebut sangat aktif di abad 20.

J. HUBUNGAN DENGAN LAUT

Amerika Selatan merupakan benua yang dikelilingi oleh banyak samudra, diantaranya:
  • Di sebelah barat berbatasan dengan samudra pasifik selatan.
  • Di sebelah timur berbatasan dengan samudra atlantik selatan.
  • Di sebelah selatan berbatasan dengan samudra pasifik selatan.
  • Di sebelah utara berbatasan dengan samudra atlantik utara.

2 komentar: